24.11.10

Terbit Ulang

Agenda akhir bulan ini adalah menyeleksi naskah buku yang sudah habis kontrak terbit untuk diterbitkan ulang. Setelah aku periksa beberapa judul buku yang sudah terbit, ternyata ada beberapa naskah yang bisa diterbitkan ulang karena beberapa hal.

Pertama, ada dua naskah yang ternyata telah habis kontrak penerbitannya. Salah satu dari kedua naskah itu bahkan sudah habis masa kontrak dengan penerbit sejak setahun lalu. Naskah yang terbit tahun 2007 tersebut habis masa kontrak penerbitan pada tahun 2009. Sementara satu naskah lagi yang terbit tahun 2008 sudah habis masa kontrak beberapa bulan yang lalu. Nah, kedua naskah yang dikontrak penerbit selama dua tahun inilah yang bakal aku terbitkan kembali.

Kedua, satu naskah yang sudah habis terjual sejak Oktober 2009. Ketika itu aku hubungi penerbit yang bersangkutan dan katanya mau dicetak ulang. Namun, satu tahun lebih naskah itu tak juga dicetak ulang. Sesuai perjanjian penerbitan yang kami tandatangani bahwa satu tahun setelah naskah habis terjual dan tidak juga dicetak ulang, maka hak penerbitan kembali kepada penulis. Naskah ini juga bakal aku terbitkan lagi.

No comments: