30.12.11

Catatan Akhir Tahun




Tahun 2011 banyak hal terjadi. Satu yang paling penting buatku adalah berhenti bekerja di kantor dan memutuskan untuk mendalami (lagi) dunia tulis-menulis. Namun, kali ini tak sekadar menulis. Aku mulai belajar menerbitkan buku.

Awalnya memang terasa berat karena meskipun belasan judul buku sudah kutulis, toh semua diterbitkan oleh penerbit. Tak satu pun di antara belasan judul tersebut yang aku terbitkan sendiri sehingga pengalaman menerbitkan buku sendiri tahun 2011 ini adalah pengalaman yang sangat mengesankan buatku.

Karena terlalu asyik, tak terasa ternyata aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari seluk-beluk penerbitan buku. Alhasil, kebiasaanku menulis naskah untuk media cetak semakin jarang. Meskipun demikian, masih sempat dua kali tulisanku muncul di media cetak lokal di Yogyakarta, yaitu sebuah cerpen pada bulan Juni 2011 dan sebuah tulisan pendek di koran yang sama yang baru dimuat kemarin.

Semoga tahun 2012 lebih banyak tulisan yang bisa kuhasilkan, baik berupa buku maupun tulisan di media cetak. Akhirnya, aku cuman bisa bilang, "Selamat Tahun Baru 2012. Tetap Menulis. Salam."

No comments: