28.1.08

Pilihan Awal Tahun

Awal tahun ini banyak pilihan. Namun, aku masih bingung untuk menentukan pilihan-pilihan itu hingga akhirnya aku sadar bahwa ini sudah akhir bulan. Dengan demikian, mau tidak mau aku harus menentukan pilihan. Sekadar sebagai contoh, di bawah ini aku tulis dua pilihan yang aku maksud.

Pertama, sebuah naskah yang kukirim ke sebuah penerbit rupanya diminati dan berniat diterbitkan. Namun, naskah itu akan digabung dengan naskah milik penerbit yang memang sudah ada. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan tema yang sama dan saling melengkapi serta pertimbangan pasar. Itulah sebabnya mengapa saya ragu, apalagi ketika pihak penerbit menawarkan bentuk kerja sama jual putus, bukan royalti.

Kedua, pekan lalu ada seorang kawan menghubungiku. Sebuah tawaran yang cukup membuatku (lagi-lagi) bingung. Dia menawarkan sebuah kerja sama untuk penulisan sebuah buku. Namun, waktu yang disediakan kira-kira hanya satu bulan. Maklum, ini adalah proyek buku penunjang pelajaran.

Itulah dua di antara sekian pilihan pada awal tahun ini. Masih ada beberapa pilihan lain yang sengaja tak kusebut di sini. Mungkin ini dulu. Salam....

No comments: