12.2.08

Kabar dari Penerbit

Siang tadi pukul 13.09:25 (begitu yang tercatat di ponselku), aku terima sebuah telepon. Ternyata dari sebuah penerbit. Seminggu yang lalu memang aku menghubungi penerbit yang bersangkutan untuk menanyakan nasib naskah yang kukirim sekitar sebulan sebelumnya. Apakah naskah itu layak untuk diterbitkan ataukah tidak. Kalau naskah tersebut layak diterbitkan oleh penerbit tersebut, aku tak perlu susah-susah cari penerbit lain. Penerbit tersebut menjanjikan akan memberitahukan seminggu kemudian.

Benar juga. Hari ini aku mendapat kabar dari penerbit tersebut. Ternyata naskahku diterima. Namun, aku mesti melakukan sedikit perubahan terhadap naskahku. Pihak penerbit memberikan waktu hingga Maret mendatang dan naskahku dijadwalkan terbit pada Mei 2008. Aku menyatakan kesanggupan untuk mengirim ulang naskah tersebut akhir bulan ini.

Setelah kubaca sekilas salinan naskah yang ada di rumah, kuperhitungkan perbaikan naskah itu butuh waktu seminggu. Namun karena aku punya kewajiban menyelesaikan sebuah naskah yang sudah ditunggu sebuah penerbit pada tanggal 25 Februari, untuk mengantisipasi kemungkinan molor, waktu perbaikan aku bulatkan saja hingga akhir bulan ini. Dengan demikian, minggu pertama bulan Maret naskah itu kuperkirakan sudah bisa sampai ke penerbit. Ya, semoga semua bisa berjalan sesuai rencana.

No comments: