30.12.08

Tenggat Akhir Tahun


Pertengahan November 2008 aku memutuskan untuk istirahat menulis naskah. Bukannya apa-apa, melainkan sekadar ingin beristirahat sejenak. Rencanaku baru pada Januari 2009 nanti aku memulai lagi menulis naskah.

Hingga akhir November 2008 aktivitas menulis naskah kuganti dengan menata buku. Membersihkan rak buku dan menatanya kembali sesuai dengan ukuran (bukan jenis) buku. Aku juga sempat menyampuli beberapa buku.

Ketika asyik mengubek-ubek rak buku itulah sebuah buku menarik perhatianku. Aku berniat membaca buku itu hingga tuntas dengan tenggat akhir Desember 2008. Sayang, baru dapat sekitar 20 persen dari jumlah halaman buku itu, aku tergoda untuk mempelajari ulang salah satu mata kuliah yang pernah kuperoleh. Mengapa bisa begitu?

Buku yang aku baca adalah sebuah buku tentang penggalian sebuah situs arkeologi. Dalam buku itu diceritakan betapa sebuah ilmu tak bisa berdiri sendiri. Ketika sebuah situs arkeologi selesai digali, untuk menguak informasi di situs itu ternyata diperlukan bantuan ahli dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Beberapa di antaranya adalah filologi, linguistik, sejarah, bahkan biologi hingga kedokteran.

Entah mengapa ketika membaca begitu banyak ahli dari berbagai disiplin ilmu yang terlibat dalam penggalian sebuah situs arkeologi, tiba-tiba aku tertarik untuk membaca beberapa buku filologi yang kumiliki semasa kuliah dulu. Aku pun kembali mengorek rak buku, mencari buku-buku yang ada kaitannya dengan filologi, termasuk beberapa catatan kuliah yang masih kumiliki. Di antara sekian banyak hal yang dibahas dalam filologi (Melayu), satu hal yang menarik perhatianku adalah ketika membaca tentang kaidah penulisan huruf Arab-Melayu (Jawi).

Beberapa kaidah penulisan huruf Arab-Melayu memang masih kuingat. Namun, beberapa di antaranya aku sudah lupa. Tak heran, untuk membaca tulisan Arab-Melayu aku masih mengalami beberapa kendala di sana-sini. Nah, untuk penulisan malah lebih parah. Oleh karena itu, kuputuskan untuk kembali mempelajari kaidah-kaidah penulisan huruf Arab-Melayu. Kurasa waktu yang kupunya hingga akhir Desember 2008 masih cukup. Toh ketika itu baru akhir November.

Sayang. Lagi-lagi keinginanku tak terwujud. Pasal, baru dapat beberapa hari, aku tertarik kepada beberapa buku dengan tema sejenis. Nah, dari situlah akhirnya aku tergoda untuk menulis naskah. Aku sangat yakin bisa menyelesaikan naskah itu secepatnya.

Untuk mengumpulkan bahan, kurasa satu minggu sudah cukup. Dengan demikian, ketika itu aku menargetkan pengumpulan bahan selesai pada 1 Desember 2008. Penulisan kutargetkan selesai 2 minggu sehingga maksimal tanggal 15 Desember 2008 naskah harus sudah selesai. Untuk editing dan cetak naskah cukup 4 hari (19 Desember 2008) sehingga keesokan harinya (20 Desember 2008) naskah sudah bisa dijilid dan langsung dikirim ke penerbit.

Aku rasa tenggat itu tak begitu berat. Pasal, aku tahu betul apa saja yang akan kutulis di setiap bab. Singkat kata, draf naskah sudah jadi di luar kepala. Selain itu, naskah yang kutulis tidaklah begitu tebal dan bahan yang kukumpulkan sebagian sudah cukup mendukung. Tinggal beberapa bagian yang masih rumpang dan untuk melengkapi bagian yang rumpang itu, aku berburu bahan di Perpusda Jateng serta toko buku untuk membeli beberapa buku.

Syukurlah, meski agak sulit, bahan-bahan itu bisa juga kuperoleh. Tak begitu sama persis memang, tetapi materi yang kuperoleh dari bahan-bahan bacaan itu cukup bisa menggerakkan sel-sel di otakku untuk menulis sebuah naskah. Ya, bahan-bahan itu bisa merangsang sel-sel di otakku untuk mengeluarkan sedikit pengetahuan yang selama ini terpendam. Akhirnya, tanggal 13 Desember 2008 naskah yang kutulis kukirim ke penerbit, seminggu lebih awal dari target yang kurencanakan dan aku bisa melanjutkan membaca buku yang tertunda. Meskipun demikian, hingga hari ini buku yang kubaca sejak pertengahan November 2008 belum juga selesai. Kira-kira masih menyisakan 20 persen dari total halaman.

Ya, mungkin itu saja postingan akhir tahun ini. Selamat Tahun Baru 2009 dan sukses selalu buat Anda. Salam.

2 comments:

mastok said...

halo Mas, Ugie.

wah, senang sekali bisa berkunjung ke blog anda, isinya cukup menarik.

saya ikut terinspirasi dengan model kerja anda, pasang target, tahun ini HARUS selesai 6 naskah buku, luar biasaaa...

saya juga punya target, tahun 2009 ini bisa menulis 3 naskah buku. Sampai februari ini ternyata satu naskah sudah selesai, dan siap naik cetak.

tapi ternyata nulis juga capek. untuk memulai nulis naskah kedua, rasanya agak berat. tapi setelah lihat2 blog anda ini, semangat untuk mulai nulis naskah kedua kok muncul lagi.

terima kasih, ya. nanti kalau buku saya sudah terbit, tentu kita bisa tuker2an buku.

salam penulismuda!

wardjito soeharso.

Admin Blog said...

Halo Pak War. Wah, terima kasih sudah singgah di blogku dan selamat atas naskah yang siap naik cetak. Salam penulismuda.