30.10.09

Utang, Istirahat, dan Kesehatan

Lho, kok sudah akhir Oktober? Begitu salah satu kalimat yang terngiang di telingaku beberapa hari terakhir. Bukannya aku tidak sadar bahwa waktu terus berjalan, melainkan sekadar mengingatkan bahwa aku masih punya utang satu naskah buku yang mesti digarap sebelum tahun 2009 berakhir. Lantas kepada siapa aku berutang? Tidak lain adalah kepada diri sendiri.

Ya, tahun ini aku masih berutang satu naskah buku kepada diri sendiri. Utang yang mesti terbayar segera dan dua bulan waktu yang tersisa tahun ini kurasa cukup.

Wah, begitu percaya diri ya? Bisa jadi. Namun, rasa percaya diri itu saja tidak cukup. Meskipun beberapa ide naskah sudah ada di kepala (bahkan ada yang tinggal mengeksekusi karena rencana atau draf sudah komplet), toh tanpa benar-benar menuliskannya, naskah itu tak akan terwujud. Satu hal lagi, meskipun aku sudah siap menuliskannya tetapi jika kesehatan tak mendukung, tentu naskah itu tak bakal terwujud. Itulah salah satu alasan yang biasa aku gunakan untuk berhenti sejenak mengistirahatkan tubuh ini supaya tubuh bisa tetap sehat. (Tentunya selain berdoa sesekali berolah raga ringan.) Ya, asal tak kelamaan istirahatnya. Bukannya apa-apa, takut ntar keterusan dan akhirnya malah berhenti menulis. Bisa gawat tuh?

No comments: