25.2.07

Buku Perdana Tahun 2007

Akhirnya waktu yang kutunggu datang juga. Sebuah buku yang kupersembahkan untuk para siswa serta guru, mahasiswa, dan pencinta sastra telah beredar di pasar. Buku berjudul Mengenal Pantun dan Puisi Lama: Pantun, Karmina, Syair, Gurindam, Seloka, dan Talibun ini diterbitkan oleh Pustaka Widyatama Yogyakarta.

Ide menulis buku ini sebenarnya muncul sejak tahun 2003. Ketika itu aku masih bekerja di penerbit Intan Pariwara di Klaten sebagai editor merangkap penulis buku pelajaran Bahasa Indonesia. Suatu hari, aku mendapat tugas menulis tentang puisi lama. Namun ketika aku ke perpustakaan, buku tentang sastra (puisi) lama Melayu ternyata sulit didapat. Bahkan, sampai ke toko-toko buku pun sulit kutemukan. Aku hanya menemukan buku karya Sutan Takdir Alisjahbana berjudul Puisi Lama yang ketika itu masih menggunakan ejaan dan struktur kalimat Melayu. Hal ini menurutku sangat menyulitkan, lebih-lebih bagi adik-adik yang masih duduk di sekolah dasar (mungkin adik-adik yang duduk di bangku SMP bahkan SMA juga mengalami kesulitan yang sama saat membaca buku ini). Dari situlah ide awal penulisan buku ini.

Namun, cita-cita ternyata hanya menjadi cita-cita karena baru tahun 2006 naskah untuk buku Mengenal Pantun dan Puisi Lama: Pantun, Karmina, Syair, Gurindam, Seloka, dan Talibun selesai kutulis. Akhirnya, awal 2007 buku itu telah bisa diperoleh di toko-toko buku. Hmmm….

24 comments:

Yon's Revolta said...

Selamat-selamat, si om yang satu ini tambah produktif aja, BTW diterbitkan oleh penerbit mana neh....?

swara kakadede said...

Trim's bos. Masih penerbit Jogja aja kok. Kapan menyusul nih? Jangan terlalu lama. Ntar malah lupa apa yang mau ditulis. He... he... he....

suryasenja said...

Waduh waduh... gebrakan baru yang makin menggebrak nih? :-P selamat yaaaa

swara kakadede said...

Trim's ya. Moga aja bisa terus menggebrak. Asal gak menggebrak pintu tetangga kos aja. He... he... he.... Salam buat temen2 di situ. Masih pada sehat kan?

eeya said...

Wah!!! Selamat ya Gie atas buku barunya. Semoga makin produktif n makin banyak buku yang diterbitkannya :)

swara kakadede said...

Trim's Lia. Doakan aja aku bisa tetap produktif. Sering2 mampir ya?

nanik said...

wihh, mas ugie nih peduli banget ma sastra indonesia. merdeka!! :)

dulu aku pusing banget nih sama hal-hal kayak gitu :p

swara kakadede said...

Halo nanik. Kalo gak lulusan Sastra Indonesia yang peduli masalah kayak gini, mo siapa lagi coba? Lha dulu kok gak bilang2 kalo pusing? Kan aku bisa kasih obat sakit kelapa, eh... sakit kepala maksudnya. Trim's ya dah mampir. Selamat atas status barumu di kantor Bandung. Salam....

Abah Oryza said...

ayo menulis sastra terus

Lia said...

Bukunya sampai ke Jakarta nggak? Nanti biar tak lihat. So many books so little space. Banyak buku bagus yang tidak terpajang di gerai siih.

swara kakadede said...

To Abah Oryza: pengennya sih nulis sastra terus. Namun sesekali boleh kan nulis di luar sastra? To Lia: Insya Allah di Gramedia ada kok. Kebetulan untuk buku ini distributornya juga ada di Jakarta. Trim's dan salam....

Hidayat said...

Halo mas, met kenal. Makasih dah berkunjung..ternyata ketemu penulis buku yang bagus nih..Sukses ya buat anda

Apollo Lase said...

pengen liat bukunya. kalau sempet dikirim ke palmerah atuh...! :D ditunggu.

ditunggu gebrakan selanjutnya.

Apollo

Raden Mas Arki Rifazka said...

wah karyanya bener2 bisa bermanfaat buat anak-anak sekolah tuh..kreatif bener idenya..

Salam kenal dan salam cah jogja!!

swara kakadede said...

To Hidayat: salam kenal. Sering-sering mampir juga boleh dan sukses selalu. To Apollo masa sabar menunggu? Kapan2 ya kalo sempat ke Palmerah. Soal gebrakan, pasti dong. Pokoke tunggu aja. To: Arki Rifazka: aamiin. Semoga. Salam dari Jogja. Trim's tuk semua sudah nyempetin mampir. Salam....

H4rs W4r10r said...

salam kenal juga :). wah kamu penulis yaa? nulisnya buku apaan IT ato something else. udah nulis di penerbit mana aja? dan berapa buku yang sudah ditulis? kalo mo nulis tentang IT kunjungi aja www.smitdev.com, soale yang ngelola temenku :) sepengetahuanku penerbit yang udah kerjasama ama temenku baru 3 andi offset jogja, salemba jakarta dan elexmedia computindo. slamet berkarya :)

ririsretno said...

lam kenal, wah jago nih nulis sastranya? smoga berlanjut ke tulisan2 di bidang lain. sukses ya.

swara kakadede said...

To Hars: walah, kalo buku TI angkat tangan deh. Lha gak mudeng babarblas. To Riris: doakan aja aku bisa nulis beragam tema. Makasih semua dah sudi mampir. Salam....

Nev said...

Buku yang sangat unik dan langka... :D
Pantas untuk dikoleksi... :D

swara kakadede said...

To nev: wah rasanya terlalu berlebihan nih. Trim's dah mampir dan sering2 mampir ya. Salam....

danudoank said...

nah, kalo yang ini jangan dibuang ya sayang... mosok buku dibuang sih... selamat yak om. ma kasih dah mampir.

swara kakadede said...

Hmm... kalo yang ini mah gak bakal dibuang. He... he... he.... Sering2 mampir ya?

Robert Adhi Ksp said...

Mas Eko, selamat ya sudah jadi penulis buku.

Salam,
adhi ksp
http://adhikusumaputra.blogspot.com

swara kakadede said...

halo mas adhi. terima kasih. sering2lah mampir. salam dari semarang