1.10.07

Buku Baru Bulan Ini

Hari pertama Oktober 2007. Satu lagi buku baru dariku. Buku ini berisi panduan menulis skripsi. Kata seorang kawan, sebenarnya buku ini sudah ada di meja kantorku sejak Sabtu (29 September) lalu. Cuman, hari itu aku kan libur. So, baru bisa posting hari ini, 1 Oktober 2007. Berikut kutipan dari kata pengantar buku itu.

Ketika menjalani masa bimbingan skripsi, saya sempat berkata dalam hati, ”Ternyata menyusun skripsi tidak sesulit yang saya bayangkan. Kalau proposal kita jelas arahnya, tak banyak hambatan yang muncul. Semua lancar-lancar saja?” Ya, itulah yang pernah terlintas di kepala saya saat masa bimbingan skripsi.

Dari pengalaman itulah lantas terbersit niat untuk membagi pengalaman menyusun (proposal) skripsi tersebut kepada orang lain dengan jalan menyajikan sebuah buku tentang bagaimana langkah menyusun sebuah proposal skripsi. Baru setelah tiga tahun lepas dari status mahasiswa alias lulus, niat untuk menulis buku ini terlaksana.

Mengapa saya menulis buku yang fokus pada proposal dan tidak ikut-ikutan menulis buku yang membedah tentang sebuah skripsi, apalagi dengan mencantumkan hal-hal yang sebenarnya sudah sangat umum, misalnya melampirkan naskah tentang kaidah kebahasaan (EYD)? Pasal, dari pengamatan saya selama menyusun skripsi dan selama bergaul dengan para mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, kesulitan yang paling sering muncul adalah justru saat akan menyusun proposal penelitian. Padahal, proposal penelitian adalah sebuah langkah awal sebelum memasuki tahap berikutnya. Jika di awal saja sudah mengalami kesulitan, dapat dipastikan mahasiswa tersebut akan sulit untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Banyak di antara para mahasiswa yang menganggap proposal skripsi tidak begitu penting. Namun ketika mereka sampai pada tahap penyusunan skripsi, mereka baru pontang-panting mencari bahan literatur teori untuk memperkuat analisis. Padahal, seharusnya landasan teori sudah matang di proposal.

Ada juga sebagian mahasiswa yang sebenarnya menganggap penting sebuah proposal skripsi. Namun karena mereka merasa kesulitan menyusun proposal skripsi, akhirnya pelan-pelan mereka juga menganggap proposal skripsi bukan sesuatu yang penting dan muncullah masalah saat memasuki tahap analisis....

No comments: