23.4.08

Dari Arsip Naskah

Kemarin (Selasa, 22 April 2008) siang aku mendapat sebuah e-mail dari penerbit. Dalam e-mail itu dilampirkan data format PDF salah satu naskahku untuk kuperiksa sebelum naik cetak. Karena naskah itu relatif tipis, hari ini telah selesai kuperiksa. Ada beberapa bagian naskah yang hilang, juga beberapa ilustrasi yang mungkin luput. Dalam satu-dua hari ini mungkin itu naskah sudah bakal kukirim lagi ke penerbit, lengkap dengan beberapa catatan.

Selain berisi lampiran naskahku yang masih harus kuperiksa, dalam e-mail itu juga aku ditawari untuk menulis dua naskah lagi. Namun, jangka waktu penulisan memang sangat pendek sehingga aku ragu apakah harus menerima tawaran itu atau tidak. Beberapa hari sebelum e-mail itu kuterima, ada tawaran untuk menulis beberapa buku. Tawaran itu aku tolak karena beberapa alasan (kalo yang ini rahasia, he… he… he…).

Saat ini ada beberapa naskah yang harus aku selesaikan (kalo yang ini bukan pesanan). Naskah-naskah itu sebenarnya sudah mulai kutulis tahun lalu, tapi gak selesai-selesai. Naskah-naskah itu adalah hasil bongkar-bongkar arsip beberapa hari lalu. Ya, beberapa hari lalu aku memang bongkar-bongkar arsip. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan. Pengen tahu? Ini dia.

Naskah yang kutulis tahun 2006 masih ada dua naskah. Dua naskah ini berulang kali ditolak oleh penerbit yang berbeda. Naskah yang kutulis tahun 2007 yang saat ini ada di penerbit ada dua naskah (satu naskah menggantung dan satu naskah tinggal nunggu waktu terbit). Embrio naskah alias naskah mangkrak (baru kelar 10 persen sampai 30 persen) yang kutulis tahun tahun 2007 ada lima naskah (wah, cukup banyak juga ya?). Naskah mangkrak tahun ini (2008) ada dua naskah. Jadi kalau ditotal sebenarnya ada 11 arsip naskah, yaitu 2 naskah jadi (yang baru cari penerbit), 2 naskah jadi (satu naskah menggantung di penerbit dan satu naskah tinggal nunggu terbit), 5 naskah mangkrak (2007), dan 2 naskah mangkrak (2008). Targetku tahun ini adalah menyelesaikan minimal 4 naskah dari 7 naskah yang mangkrak itu. Mohon doa dari kawan-kawan.

2 comments:

Anonymous said...

salam. aku dari penerbit baru di jogja. ini adalah divisi baru dari penerbit tahura media. memang masih kecil. dan lagi nyari-nyari naskah. boleh lihat naskah kamu? trims

herismo.wordpress.com

Ugie said...

Terima kasih dah mampir ke blogku. Bisa minta alamat Penerbit Tahura Media? Alamat e-mail juga boleh. Sekali lagi trim's dan salam.