30.5.08

Ketika Ide Datang

Percaya atau tidak, sering kali ide datang secara tiba-tiba. Pada postingan bejudul ”Dari Arsip Naskah”, aku tuliskan beberapa nasib naskahku, termasuk beberapa naskah yang mangkrak. Nah, targetku tahun ini adalah menyelesaikan minimal 4 naskah dari 7 naskah yang mangkrak.

Tanggal 21 Mei 2008 aku memang sudah mengirim sebuah naskah ke penerbit. Naskah itu kuselesaikan dalam waktu kurang dari satu bulan. Satu hal yang unik adalah naskah itu tidak termasuk naskah mangkrak yang kusebutkan dalam postingan bulan lalu. Dengan demikian, meskipun satu naskah sudah selesai bahkan sudah kukirim ke penerbit, di arsip naskahku tetap masih ada 7 naskah mangkrak karena naskah yang telah kuselesaikan dan kukirim 21 Mei lalu adalah naskah yang idenya muncul secara tiba-tiba di sela-sela kebuntuanku menyelesaikan naskah-naskah yang mangkrak.

Ya, begitulah. Menulis terkadang memang tidak bisa direncanakan. Naskah yang sudah dipersiapkan sejak lama (bahkan sejak setahun sebelumnya) tak kunjung jua selesai. Namun, naskah yang idenya di luar rencana justru bisa selesai dalam waktu kurang dari satu bulan. Menulis memang sebuah kegiatan yang menyenangkan sekaligus unik. Nah, bagaimana dengan pengalaman Anda?

2 comments:

sawali tuhusetya said...

semoga bukunya segera terbit, mas ... tidak lagi mangkrak di arsip naskah, hehehehe .... salam kreatif.

Ugie said...

Aamiin. Makasih Pak Sawali dah meluangkan waktu buat singgah.