20.7.08

Naskah Baru

Satu lagi naskah selesai. Namun, naskah yang baru kuselesaikan siang tadi belum akan kukirim ke penerbit dalam waktu dekat karena harus kubaca ulang. Maklum, naskah ini terlalu lama mangkrak sehingga harus dilihat lagi kepaduan antarbagian yang ditulis dalam rentang waktu yang sangat berjauhan.

Akhir pekan depan aku targetkan naskah ini sudah bisa dikirim ke penerbit. Dengan demikian, proses pembacaan ulang dan segala hal yang terkait dengan edit-mengedit sudah harus kelar dalam dua sampai tiga hari ke depan. Nah, sambil menyelesaikan proses pembacaan ulang dan mengedit, mesti juga aku pikirkan mau dikirim ke penerbit mana naskah ini. Ke penerbit biasanya atau cari penerbit lain ya? Bukannya apa-apa, soale ini menyangkut peluang naskah ini lolos. Perlu meditasi neh kayaknya. He… he… he….

O, ya. Naskah ini adalah salah satu dari 7 naskahku yang mangkrak periode 2007/2008. Karena targetku tahun ini menyelesaikan setidaknya 4 naskah dari 7 naskah yang mangkrak itu dan satu naskah sudah selesai, berarti 3 naskah mangkrak yang tersisa harus kuselesaikan hingga tahun ini berakhir. Hal ini berarti ada waktu lebih kurang 5 bulan ke depan atau 21 minggu jika ditambah seminggu waktu yang tersisa pada bulan Juli ini. Jika dirata-rata, berarti aku punya waktu 7 minggu untuk menyelesaikan satu naskah. Kurasa waktu selama itu lebih dari cukup jika aku mau kebut. Cuman, hal-hal tak terduga yang muncul di tengah jalan terkadang mengalihkan perhatianku dari naskah yang sedang kuselesaikan, misal ketika tiba-tiba muncul ide untuk menulis sebuah naskah baru dengan tema yang sangat berbeda dengan naskah yang sedang kuselesaikan. Belum lagi agenda-agenda lomba penulisan yang terkadang juga mengusikku untuk mengikutinya.

6 comments:

sigid said...

wah lama-lama jadi pabrik kata-kata lho.. ;)

Ugie said...

He.. he... he.... Makasih Mas dah mampir. Doakan bisa jadi pabrik kata-kata yang menghasilkan kata-kata bermanfaat bagi semua, bukan sekadar kata-kata tak berguna. Salam

Ersis WA said...

Selamat deh. ikut bangga dan senang ya. Salam.

Ugie said...

makasih pak ersis. salam penulis.

Hartati Nurwijaya said...

SElamat dan sukses terus. Agar semakin banyak bukunya.

Ugie said...

halo mbak tati. trim's. sukses juga buat mbak tati. salam...