31.8.08

Bulan yang Melelahkan

Bulan yang melelahkan. Begitulah kukira Agustus 2008 ini. Bagaimana tidak, beberapa acara sempat mengurangi jatah waktuku untuk menulis.

Sebuah acara tak terduga muncul pada awal Agustus, tepatnya pada minggu kedua. Seorang kawan menelepon dan memintaku menjadi moderator dalam acara bedah buku di IAIN Walisongo Semarang. Karena bedah buku dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2008 (08-08-08), praktis aku hanya punya waktu dua-tiga hari untuk membaca buku yang akan dibedah. Dengan modal membaca sekilas, akhirnya acara itu bisa kulalui dengan lancar.

Tanggal 9 Agustus 2008 aku dan keluarga meluncur ke Jogja karena famili dari Lampung datang (kalau acara ini memang sudah terjadwal). Aku harus ke Jogja untuk bertemu mereka karena sudah dua tahun lebih kami tak saling bertemu. Dua hari plus satu malam di Jogja (9 Agustus siang sampai 10 Agustus senja hari) kami kangen-kangenan, lantas kami bersama-sama meluncur ke Pekalongan untuk menghadiri acara pernikahan salah seorang adik sepupuku. Sehari semalam ada di Pekalongan, keesokan (11 Agustus) senja aku dan anak-istri sudah kembali berada di Semarang.

Ternyata perlu dua hari untuk memulihkan stamina karena perjalanan tiga hari tersebut. Setelah itu, aku baru mulai lagi membuka-buka arsip naskah. Ternyata ada satu naskah yang perlu pengayaan materi dan kuyakini bisa kucari dalam hitungan hari di internet. Alhasil, hingga tanggal 17 Agustus 2008 aku hanya berselancar di dunia maya, mencari bahan untuk salah satu naskah (calon) buku.

Dua hari mengotak-atik naskah, lagi-lagi aku harus berhenti. Tanggal 20-21 Agustus aku mesti ke Jakarta untuk urusan kantor. Niat menggarap naskah pun kembali tertunda karena begitu sampai di Semarang, seorang kawan di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memintaku menjadi juri Lomba Penulisan Cerpen Remaja Tingkat Jawa Tengah. Ada 30 naskah cerpen yang harus kuseleksi untuk menentukan sepuluh terbaik. Namun, aku hanya menjagokan tiga terbaik plus dua cadangan (harapan) yang mesti kubawa ke rapat dewan juri. Syukurlah tugas ini pun bisa kuselesaikan dengan baik hingga pengumuman pemenang tanggal 28 Agustus 2008.

Di sela-sela berbagai kegiatan di atas, aku bersyukur karena masih bisa menyelesaikan satu naskah untuk sebuah lomba penulisan. Selain itu, aku juga bersyukur karena di sela-sela kesibukanku ada penerbit yang menghubungiku mengabarkan bahwa salah satu naskah yang kukirim bakal terbit Oktober 2008.

Mulai hari ini, hari terakhir Agustus 2008, kuharap rutinitasku tak melenceng jauh dari yang kujadwalkan. Namun, aku mesti menjadwal ulang kegiatan harian (termasuk menulis) karena pola rutinitas harian pasti akan berubah selama Ramadhan. O, ya. Selamat berpuasa bagi saudaraku yang menunaikan. Salam….

4 comments:

Multama Nazri said...

bulan yang melelahkan ya mas...jalani aza mas, semua masih kesibukan yang positifkan? hehehe

Ugie said...

iya neh. makasih dah mampir. salam....

nanik said...

agustus: selalu menyenangkan. hihi. dan agustus thn ini, aku berhasil melihat penampakanmu secara langsung :p oya mas, ada PR tuh untukmu. tlg cek di blogku yaaa...thx

Ugie said...

he.. he... he... penampakan rupanya. tapi gak menegerikan to? dah aku cek PR di blogmu, cuman kayane aku belum bisa ngerjain. he... he... he....