31.1.10

Otobiografi

Riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri atau otobiografi (dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat tertulis autobiografi) sudah tak asing lagi buat kita. Namun, tak banyak dari kita yang mencoba (ataupun sungguh-sungguh) menulis sebuah otobiografi.

Jika kita menulis sebuah buku (bahkan sebuah artikel) biasanya akan terlihat jelas gaya penulisan kita. Gaya penulisan kita yang unik inilah yang membedakan tulisan kita dengan orang lain. Meskipun tema yang dibahas sama, gaya penulisan masing-masing orang tentu akan berbeda.

Ketika kita menulis otobiografi, tak hanya gaya penulisan kita yang unik. Lebih dari itu, cerita yang kita tulis juga akan sangat unik dan tidak mungkin sama dengan orang lain. Ketika menceritakan masa kecil yang masih lekat dalam ingatan kita, misal, tentu ada nuansa lain yang lebih ”menggigit” karena peristiwa yang kita tulis tersebut adalah peristiwa yang kita alami sendiri. Selain itu, ketika menulis pengalaman tersebut kita melibatkan segenap perasaan.

Dengan demikian, jika kita ingin tulisan yang kita hasilkan unik, salah satu latihan yang bisa kita lakukan adalah dengan menulis otobiografi. Jadi, kenapa tidak memulai menulis otobiografi sejak sekarang?

No comments: